Amsterdam Historical Museum

Belanda memang negara kecil, tapi klo masalah dokumentasi sejarah mereka jsalah satu jagonya. Buktinya ada banyak museum di Belanda. Ada museum lukisan (itu mah dah biasa), ada museum lilin (madam Tussaud??), ada museum alam, sex museum, dan banyak lagi. Dan yang pasti museumnya terawat.

Sebelum mulai jalan-jalan keliling museum di Belanda, ada baiknya beli museum card dulu. Harganya 39.95 euro dan bisa digunakan d museum-museum negeri di Belanda.

WELCOME!to the Amsterdam Historical Museum

WELCOME!to the Amsterdam Historical Museum

Tour de museum di Belanda di mulai dari musem sejarah di Amsterdam. Jalan masuk ke musem sejarah ini terletak di antara pusat pertokoan Amsterdam. Gerbang masuknya khas, agak miring. Begitu melangkahkan kaki memasuki gerbang pertama, kita akan disuguhi lukisan anak-anak di sebelah kiri dan cafe disebelah kanan. Bila kita berkunjung di muim panas, halaman depan museum akan penuh dengan bangku tempat para pengunjung museum ngaso sambil ngopi.

Tidak jauh dari sana terdapat satu ruangan yang berisi lukisan-lukisan dengan size besar, kita bisa menikmatinya dengan gratis.

Beberapa langkah kedepan kita akan ketemu gerbang lagi, dan pintu masuk menuju museum. Disinilah sejarah Amsterdam khususnya mulai bercerita.

Sejarah Amsterdam mulai bercerita

Museum ini terdiri dari 3 lantai dengan 24 ruangan. Ruangan-ruangan tersebut disusun berdasarkan periode kurun waktu tertentu, sejarahnya dimulai dari tahun 1350 – 2000.

Di ruangan pertama kita kan melihat ada sepeda penuh dengan kerang tergantung d tengah ruangan. Kita juga bisa menyaksikan simulasi bagaimana pertumbuhan A’dam mulai dari dari 1000an disaat belum ada orang, hingga saat sekarang ini. kapan kanal-kanal mulai dibangun dan kapan proses aklamasi mulai dilakukan.

Pada ruangan lain akan tampak tulang benulang berdasarkan tahun ditemukan. Tahu ga sih, yang bikin amaze-nya..bahkan ada tulang ayam, kucing, tikus.

Museum ini juga memberikan informasi tentang perjalanan ‘perdagangan’ belanda, termasuk ke Indonesia, Brazil dan negara lainnya.

Bagiku salah satu yang cukup menarik adalah lukisan tentang kedokteran masa lalu di Belanda, lukisan tetang bagaimana mereka mempelajari Obgyn, surgery, brain surgery, and others.

Kebetulan pada waku aku berkunjung, disana sedang dilakukan exhibition of Orange, keluarga kerajaan Belanda. Sejarah keluarga raja juga dipaparkan.

Kesimpulanku dari kunjungan kali ini adalah, sejarah bukanlah sesuatu yang terjadi d masa lalu (duluuuu bangettt) tapi juga apa yang terjadi baru-baru ini, perubahan apa yang telah terjadi. Satu lagi, sangat informatif. Ketika kita melangkahkan kaki keluar dari tempat ini, perjalanan A’dam akan membekas di pikiran.

Dengan latar belakang sejarah yang kaya, kita juga bisa membangun sebuah museum sejarah yang setidaknya sama bahkan mungkin lebih baik. Sehingga para generasi muda kenal negaranya lebih jauh.

Want to know more : www.ahm.nl

Advertisements

~ by asterlila on August 1, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: